twitter


Hai teman-teman kali ini saya akan memposting istilah-istilah dalam dunia manga atau komik. Bagi yang sudah tahu, lanjut aja, dan bagi yang belum tahu, semoga cepat tahu wkawkawka. Baiklah langsung saja, Cekidot!

1. Anime : Anime アニメ sendiri berasal dari kata Animeshon ~ アニメション(animation). Digunakan untuk menyebutkan animasi buatan jepang dengan gaya jepang. Istilah ini dipakai untuk menyebutkan semua jenis animasi yang berasal dari jepang.

2. Bishojo : secara harafiah berarti “cewek muda yang cantik”

3. Bishounen : secara harafiah berati “cowok muda yang tampan(atau bisa dibaca cantik!)”

4. Chibi : berarti kecil atau cebol. Atau sering disebut dengan super – deformed. Istilah ini digunakan untuk karakter anime yang digambar dengan bentuk kerdil yang lucu dengan proporsi kepala lebih besar daripada badan.

5. Cosplay : berasal dari gabungan kata “costum” dan “play”. Cosplay berarti hobi menggenakan pakaian beserta aksesoris wajah seperti yang dikenakan tokoh karakter dalam anime, manga, video, penyanyi atau musisi idola. Orang yang melakukan cosplay disebut Cosplayer.

6. Doujinshi : cerita yang dibuat oleh fans atau komikus amatir berdasarkan manga, anime, game atau novel yang sudah populer. Ceritanya berkisar pada parodi atau lanjutan kisah yang merupakan imajinasi dari si pembuat doujinshi itu sendiri.

7. Ero oyaji : biasanya sebutan ini dipakai untuk menyebutkan cowok paruh baya (om-om) yang maniak cewek seksi.

8. Fan art : merupakan gambar kreasi dari karakter anime atau manga yang disukai. Bisa juga sebagai gambar karakter dari yang dihasilkan oleh para fans.

9. Fan fic :singkatan dari fan fiction yaitu cerita karangan fans dengan menggunakan tokoh atau memodifikasi jalan cerita dari sebuah manga atau anime.

10. Fanservice : hal-hal yang ditujukan sebagai daya tarik karena disukai oleh para fans namun tidak berhubungan dengan jalan cerita. Fanservice untuk fans cowok seperti memperlihatkan bagian tubuh, seperti memperlihatkan karakter cewek yang sedang berganti baju, rok yang tersingkap, atau yang memakai bikini (tapi tidak nude!!). fanservice untuk fans cewek seperti memperlihatkan karakter cowok yang bishonen.

11. Gosurori/GothLoli/Gothic Lolita : sebuah trend fashion yang diinspirasi dari gaya berpakaian anak-anak zaman “Victorian”.

12. Hikkikomori : artinya adalah menarik diri. Artinya adalah seseorang yang menolak untuk bersosialisasi. Istilah ini lekat dengan otaku.

13. Kawaii : cute.

14. Keitai shousetsu : mobile phone novel. Novel yang dimuat oleh situs-situs yang bisa diakses dari HP.

15. Lemon : ditujukan pad fanfic yang dibuat yang mengandung materi “dewasa”

16. Lolicon : singkatan dari Lolita compleks. Ini menunjukkan obsesi terhadap karakter yang manis dan imut dan pada umumnya karakter tersebut bertubuh kecil seperti kanak-kanak namun tidak dibatasi oleh umur.

17. Manga : マンガ. Merupakan kata komik dalam bahasa jepang. Di luar jepang, istilah ini dipakai khusus untuk membicarakan komik dari jepang.

18. Mangaka : orang yang membuat manga. Bahasa Indonesianya adalah komikus.

19. Manga scan : manga yang di scan dan biasanya banyak beredar di internet.

20. Mecha : berasal dari kata “mechanical”. Digunakan sebagai istilah dalam manga atau anime yang menampilkan karakter robot. Istilah ini paling lekat dengan anime gundam.

21. Moe : bahasa slang jepang yang berarti “daya tarik” dari karakter anime atau manga yang membuat seseorang sangat “ingin” melindungi karakter tersebut. Moe! Juga sering dipakai sebagai kata seru.

22. Moso musume : istilah untuk cewek yang suka berkhayal
23. Nijikon : singkatan dari “Nijigen komperekkusu”. Suatu istilah untuk menyebut seseorang yang terobsesi pada model karakter 2 dimensi.

24. Otaku : suatu istilah untuk menyebutkan seseorang yang terobsesi pada sesuatu, bahkan cenderung fanatik.

25. Otomen : merupakan gabungan 2 kata yaitu “otome” yang berarti cewek muda dan “men” yang berarti cowok. Definisi dari seorang berfisik cowok tapi hatinya selembut cewek.

26. OVA : (Original Animated Video) adalah anime yang langsung dirilis dalam bentuk video dan tidak ditayangkan di bioskop atau di televisi terlebih dahulu. Kadang disebut juga OAV (original animated video).

27. Omake : berarti tambahan

28. Seiyuu : dubber atau pengisi suara dalam bahasa jepang.

29. Shotacon : (Shoutarou komperekkusu) istilah dalam bahasa jepang yang menggambarkan ketertarikan pada anak lelaki dibawah umur (seperti istilah “brondong” dalam bahasa indonesia). Dipakai juga untuk orang yang tertarik pada anak lelaki di bawah umur. Contohnya dalam anime/manga “Mahou Sensei Negima”, dimana tokoh utamanya Negi Springfield adalah bocah berusia 11 tahun di tengah-tengah siswi yang berusia 3-4 tahun diatasnya.

30. Tankoubon : format manga yang berbentuk satu buku tersendiri yang biasa kita lihat (kalo ga ngerti, di indonesia dipakai istilah volume). Di jepang, suatu manga di terbitkan per chapter di majalah kumpulan manga seperti Nakayoshi atau Shounen jump. Setelah itu baru dirilis tankoubonnya jika judul tersebut dirasa sudah terkenal atau jumlah chapternya sudah mencukupi.

31. Tokusatsu : suatu istilah dalam bahasa jepang untuk spesial effect dan digunakan untuk menyebut film sci-fi/fantasi/horor/live action produksi jepang. Istilah ini mengacu pada film/dorama live action super hero, seperti Kamen Rider, Ultraman, Super Sentai yang lebih banyak menggunakan efek.

32. Tsundere : istilah jepang untuk menyebutkan karakter yang pada awalnya galak, dingin, cuek atau sifat negatif lainnya. Namun berkembang menjadi manja, rapuh, penyayang dan secara emosional sangat lemah dan ingin dilindungi.

33. Yandere : lawan dari tsundere. Karakter yang mempunyai sifat manis, namun pada akhirnya berubah menjadi brutal dan sadis.

34. Yon koma manga : manga yang terdiri dari 4 panel disusun secara atas ke bawah dan temanya biasanya cerita lucu. Contohnya seperti manga Azumanga Daioh.


34 Istilah diatas merupakan yang saya ambil dari forum ini!



Istilah lainnya yang berhubungan dengan Manga adalah :


1.Berdasarkan Jenis Pembaca

  • Kodomo : Manga yang ditujukan untuk anak-anak
  • Shojo : Manga yang ditujukan untuk remaja perempuan, contoh : Parfait Tic!, Shugo Chara!
  • Shonen : Manga yang ditujukan untuk remaja laki-laki. contoh : Bleach, Naruto
  • Josei : Manga yang ditujukan untuk wanita , contoh : Hotaru's Light, Half An Apple
  • Seinen : Mangan yang ditujukan untuk pria , contoh : Death Notice, Rainbow
2.  Status
  • Ongoing : Manga yang di suatu negara sedang berlangsung, dan dalam tahap pengerjaan. Biasanya dalam bentuk beberapa mau pun banyak volume. Terbit dalam jangka waktu yang cepat dan ada yang lama tergantung lisensi. Contoh : One Piece, Bleach, Naruto.
  • Complete : Manga yang di suatu negara telah diterbitkan sampai selesai. Mempunyai ending yang happy ending, sad ending, dan ada yang gantung. Contoh : Hana Yori Dango, Death Note, Basara.
  • Discontinued : Manga yang tidak dilanjutkan lagi dengan adanya kepastian dari pengarangnya. Kadang hanya setengah jalan saja. 
  • Hiatus : Berbeda dengan dicontinued yang mendapatkan kepastian dari pengarangnya, hiatus adalah status manga yang tidak diketahui keadaannya dilanjutkan apa diberhentikan. Banyak manga yang sudah terbit namun, sang pengarang memutuskan untuk menghiatuskan manganya. Kadang sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Tapi, tunggu dulu, ada berbagai alasan yang membuat mangaka menghiatuskan manganya, seperti Ai Yazawa pengarang komik Nana, yang ternyata baru diketahui sedang sakit, dan Anno Moyoko pengarang Working Man, yang juga sedang sakit. Jadi, jangan menyalahkan pengarangnya begitu saja ya. Namun ada juga lo, mangaka yang melanjutkan manganya setelah beberapa tahun hiatus seperti Suzue Muichi yang melanjutkan Topeng Kaca.

0 komentar:

Poskan Komentar

Teman-teman, komen ya! buat penambah semangat! Bagi yang tidak memiliki account, bisa menggunakan Anymous hehehe

Related Posts with Thumbnails