twitter


Hai teman-teman, kali ini saya akan memposting komik terbitan Koloni (Komik Lokal Indonesia) yang terbit tanggal 1 Desember 2010 kemarin. Sori, saya baru memposting sekarang. Kenapa saya membuat judul posting dengan memakai kata 'awal' ? karena bulan ini, koloni menerbitkan komik dalam dua gelombang, awal dan akhir Desember! Langsung saja cekidot!


1. Sketsa Purnama 




"Bagaimana bila tanpa sebab yang jelas, apa pun yang kau gambar berakhir dengan kematian?"

Itulah hal yang dialami oleh Bayu. Ia menganggap goresan tangannya memiliki hawa pengutuk yang menyebabkan kematian, akhirnya dia memutuskan untuk berhenti melukis.

Namun keinginan untuk melukis lagi datang ketika bertemu seorang gadis bernama Tiara, yang mirip dengan seseorang yang disukainya di masa lalu. Bayu amat ingin melukisanya, namun dia khawatir, apabila hawa pengutuk itu mendatangi Tiara...

Komik karya Andry Permana bergenre mysteri dan drama. Komik ini juga komik debut beliau lho. Bersetting di kota Medan, dan Artwork yang bagus plus rapi, membuat komik ini mendapat nilai tambah tersendiri.

2. Sejejak Mimpi 



 ‘Lho? Kenapa gue ngos-ngosan?’, tanya Mahadewa yang kebingungan bisa tiba-tiba nangkring di atas wahana permainan anak bertenaga otot betis.

‘G… gue, jadi tukang odong-odong?!’ jerit Mahadewa di dalam hati.
‘Mas! Mas Ade! Jangan bengong, do...ng! Ini bayaran sore ini,’ kata Niki yang sukses membuyarkan kebingungan Mahadewa.


‘Nama gue Ade? Dan dipanggil mas pula…?’ gumam Mahadewa yang masih bingung berat, kenapa seorang anak pengusaha tajir terkenal bisa berubah secara ajaib menjadi mas-mas odong-odong.

Namun begitu melihat Niki tersenyum, yang di dunia sebelumnya full-jutek, Mahadewa langsung bingung.

‘Pendapatan gue ini seperti mikroba dibanding uang jajan gue, tapi untuk bisa melihat senyumnya seperti ini… IT’S WORTH IT!!’ teriak Mahadewa sambil terbang ke langit ketujuh.

‘Bayar uang kos, Ade Chayaang!’ tiba-tiba suara sok seksi seorang mas-mas (atau tante?) menghunjamkan Mahadewa kembali ke bumi pertiwi. What deee?! Perempuan palsu jadi ibu kos Mahadewa?! Ini dunia mimpi ‘kaaan?!

Kenyataankah ini? Atau semua ini… hanya sejejak mimpi Mahadewa?





Dari sinopsisnya aja udah ketahuan ini komik bergenre comedy. Menurut saya, kalau baca komik ini sampai ketawa ngakak-ngakak deh. Komik yang terdiri dari beberapa cerita ini terbit seperti pendahulunya, Sejejak Harap karya Gita & Rie.


Cerita-cerita itu adalah Romantika Odong-odong (SYS), Dhanumites (Cosmic Arfo), dan Kopi-kopian (Kat). Namun walaupun komedi, juga ada pesan moralnya lho.

3. Dharmaputra


"Ra Kuti dan Ra Semi, serta 5 orang pendekar pilihan telah diangkat sebagai Dharmaputra, pasukan elit pelindung raja Majapahit.

Ketujuhnya bersumpah dalam kalimat suci "Satya bela bakti prabu". Kesetiaan, pembelaan, serta bakti terhadap raja.

Tapi rupanya Jayanegara adalah raja yang bodoh yang tidak paham arti kalimat tersebut serta menghinakan kesuciannya.

Perlahan tapi pasti, Ra Semi mulai meragukan kalimat suci yang menjadi sumpahnya itu, semantara Ra Kuti tetap mempercayainya sebagai prinsip kebenaran sejati...."

  Dharmaptura adalah komik bergenre aksi yang bersetting pada kerajaan Majapahit tanggal 1309. Disana dipimpin oleh seorang raja yang bodoh dan tidak bisa apa-apa dia hanya bisa mengandalkan tujuh pendekar yang menjadi pelindungnya. Tanpa disadarinya, mulai ada  fitnah yang dibuat oleh pamannya. Dan ada salah satu dari tujuh pendekar yang berniat membunuhnya.

Yap. Komik karya Alex Irqazi ini keren banget! Gambarnya top abis! Seperti komik-komik action luar negeri lainnya.  Komik ini juga memakai pakaian khas Indonesia zaman kerajaan. Komik yang bertema historical!

 

Walaupun endingnya menggantung, tetap seru, dan semoga saja ada lanjutannya.

Semakin lama komik Koloni yang ada dibawah naungan m&c! kualitasnya semakin tinggi. Ga kalah sama komik luar. Ayo maju terus koloni!

Sumber :
Album FB Koloni
Sejejak Harap
Sketsa Purnama

0 komentar:

Poskan Komentar

Teman-teman, komen ya! buat penambah semangat! Bagi yang tidak memiliki account, bisa menggunakan Anymous hehehe

Related Posts with Thumbnails