twitter


Hai teman-teman semuanya, kali ini Koloni (sudah pada tahu kan?) di akhir bulan Maret kemarin sudah menerbitkan dua komik Aksi! Akhirnya! Dan di satu komik tersebut terdiri dari tiga cerita, dengan cerita yang berbeda, hingga pengarang yang berbeda. Yup, ini juga disen but dengakomik KOMPILASI. Kompilasi bertemakan aksi disebut dengan Koloni Jagoan. Dua komik tersebut adalah :


1. Koloni Jagoan : 1000 GIGA VOLTS

Komik yang pertama mengambil judul dari cerita ketiga yang berjudul sama. Dalam komik ini ada komik pendek (one shot) yang terdiri dari :

A. Atlas Chronicle

Tanpa disengaja, Atlas mencabut perisai yang menjadi segel pelindung desanya, padahal segel tersebutlah yang menjauhkan proses kehancuran yang melanda dunia luar. Mampukah Atlas menyandang segel perisai sang terpilih untuk menghentikan kehancuran desanya?

Dari segi art atau gambar komik ini menang deh, gambarnya cocok buat komik aksi, Kababonken Comics berhasil. Namun dari segi cerita, masih agak kurang. Karena komik ini terasa begitu cepat, dan terlihat seperti sebuah awal saja, dan belum ada penjelasan asal-usul mengenai monster yang muncul didalam komik ini. Kalau menurut saya, masih lebih baik komik I Want To Live mereka. hehe

Rating : 7.8/10



B. SAMU'I

Seorang prajurit tempur Samu’I, harus patuh pada segala perintah tuannya, termasuk membunuh. Bila tertangkap, Seorang Samu’I pun wajib meledakkan diri tanpa sisa. Namun apa yang terjadi bila seorang Samu’I menemukan sosok keluarga, justru pada pihak penyihir yang ingin dihabisi majikannya?


Komikusnya cewek lo! Lagian juga sama dari satu kota! Pekanbaru! haha. Semakin penasaran. Akhirnya mulai membaca, dari segi gambar, memang bukan tipe kesukaan aku, tapi entah mengapa rasanya baca komik shojo dengan pemeran utama laki-laki. Aku juga  suka dengan ide ceritanya, tentang Samu;i ini. Ceritanya yang dipenuhi bishonen alias cowok cantik dan tampan, serta konflik yang ditimbulkan juga bagus, namun endingnya yang sampai disitu saja. Mungkin ini yang membuat penasaran, dan cocok dijadikan satu komik full.

Rating : 8.1/10

C. 1000 Giga Volts

Shanty yang sudah lama ditinggal kedua orangtuanya, tiba-tiba kedatangan cowok berkacamata hitam misterius bernama “Jack”. Shanty tak pernah menduga bahwa kedatangan Jack akan membawanya ke petualangan berbahaya, sekaligus membuka tabir project Uoroborous, project incaran semua orang, yang pernah diteliti orangtuanya.

Dikarang oleh Bayu Harditama, komik ini memang cocok dijadikan judul untuk kompilasi kali ini. Disegi art, komik ini memang tidak banyak menggunakan background, namun inilah yang menarik. Karakter-karakter orang serta robotnya juga menarik. Dan dari segi cerita, komik pendek ini memilih jalan cerita yang masih jarang. Maka dari itu komik ini bisa dijadikan serial.

Rating : 8.4/10

2. Koloni Jagoan : The Dreamcatchers

Seperti komik sebelumnya, komik kedua ini juga mengambil Judul dari salah satu komik pendek yang ada didalam komik tersebut. Terdiri dari tiga cerita juga, yaitu :

A. La Mia Indonesia

Di sebuah kerajaan maritim bernama Jayavarta, sekelompok pemberontak bernama La Mia Indonezia bertarung melawan penjajah dari dimensi lain dengan jurus pedang, tandukan banteng, dan bom gas elpiji! 


Kolaborasi antara Satrio Galih Wicaksono dan M. Ismail membuat komik kocak. Komik pendek ini cocok di letakkan dikompilasi ini sebagai penghibur setelah membaca komik lainnya yang menengangkan. Dari segi art, komik ini sesuai dengan ceritanya, sedangkan ceritanya yang lucu dan khas. Para tokoh utama menggunakan lambang Pancasila kita! Dan ide bom gas elpijinya dan bahasa gaul apa lagi! Kocak banget!Walaupun komik pendek ini belum selesai sampai endingnya.

Rating : 8.3/10

B. Fatamorgana


31 Desember 2012… Selama dua jam, terjadi gerhana bulan dan matahari secara berturut-turut…Fenomena ini kemudian dikenal dalam sejarah sebagai ‘Dual Eclipse’.

Komik karya Mukhlis Nur dan Wing Yudha, gambar menarik dan ceritanya juga! Disini ada pengkhianat, romance, dan action. Harus dilanjutkan, ide nya menarik!

Rating : 8.4/10

C. The Dreamcatcher

Kisah Profesor, Mr. Kong , Rangga, dan Ay membasmi makhluk mimpi buruk di alam mimpi!

Sinopsisnya singkat sekali ya ? eits, jangan salah. Don't judge book from the cover! Yes, that's right! Kenapa ? karena komik ini keren banget. Gambarnya bukan setipe manga, tapi lebih bergaya ke komik amerika. Porsinya juga lebih banyak dari yang lain. Dari segi cerita, komik ini menarik banget! Karena kisahnya sangat jarang ditemukan. Dan karakternya hidup, juga penggunaan kata kiasan yang mengena di hati.

Pertama kali lihat komik Koloni Jagoan dengan memakai judul komik ini sebagai judul utama dikira tidak cocok. Di covernya memang kurang bagus, sempat mikir, seseorang yang megang jaring-jaring itu kakek-kakek berambut panjang ditambah kumis n jenggot, ternyata bukan, itu cewek cantik yang rambutnya kena angin. Halah. 

Rating : 9.0/10

And Then :

Dari dua komik kompilasi ini yaitu Komik Koloni  Jagoan : 1000 Giga Volts dan Koloni Jagoan : The Dreamcatcher disini pihak koloni mengadakan acara yaitu pembaca dapat menominasikan cerita favorit mereka dan dapat menjadi satu buku dengan menulis comment di catatan Facebook  Page Koloni tentang komik Kompilasi ini !

Semua komik pendek ini memang cocok dijadikan full book. Namun favorit saya adalah The Dreamcatcher. Menurut saya, kalau komik The Dreamcatcher yang kepilih, harus membuat suatu pembaruan dan konflik namun dengan inti cerita yang sama, kenapa ? karena di komik kompilasi, komik ini sudah sampai endingnya.

Maju terus komik Indonesia! Semoga makin bagus! Bagi teman-teman yang punya pendapat, bisa sharing dan berbagi disini!

3 komentar:

  1. Thanks untuk review-nya!
    Nice blog, BTW ^^d

  1. huaah~ makasih yah reviewnya ^___^
    btw nama saya typo tuh XD

  1. wah, bagus nih, Biar maju Para komikus

Poskan Komentar

Teman-teman, komen ya! buat penambah semangat! Bagi yang tidak memiliki account, bisa menggunakan Anymous hehehe

Related Posts with Thumbnails