twitter


Hai semuanya! Kali ini postingan saya datang dari komik Koloni yang bergenre Misteri. Judulnya Langit, Bumi, Samudra. Langsung aja cekidot!


Judul : Langit, Bumi, dan Samudra
Pengarang : a.k.a
Penerbit :m&c!
Kelompok : Koloni
Status di Indonesia : 1 Volumes (Completes)

Seorang pemuda menemukan dirinya melayang di langit, seorang remaja terbangun di tengah hutan yang tak dikenal, dan seorang gadis kecil tiba-tiba bisa bernafas dalam air.

Apa yang telah terjadi pada mereka ...bertiga hingga mendapatkan keanehan-keanehan tersebut? Mengapa ingatan mereka tentang apa yang terjadi sebelumnya terlupakan? Dan bisakah mereka menemukan jalan untuk 'kembali pulang'?


Yup, itulah sinopsis dari komik yang terbit pada tanggal 29 Desember 2010 kemarin. Berkisah tentang tiga orang yang mempunyai cerita masing-masing. Komik ini berisi tiga cerita pastinya! 

"Langit" : Cerita pertama berjudul In Memorian, berkisah tentang seorang pemuda yang tiba-tiba bisa melayang di udara, dia mencoba mengingat apa yang terjadi sebelumnya. Dan ternyata dia adalah seorang murid yang dianggap tidak berguna dan dijauhi teman-temannya. Ketika hendak berwisata ke suatu temnpat dengan pesawat,  pesawat ini terbelah dua di udara dan terjadilah kecelakaan dahsyat. Si pemuda tersebut ternyata sudah mati, namun bagaimana dengan bocah kecil yang dilindunginya saat kecelakaan terjadi ?


"Bumi" : Cerita kedua berjudul Of Adam Air, bercerita tentang seorang pemuda lainnya yang sombong dan egois yang tiba-tiba berada di sebuah hutan yang tidak dikenalnya. Seperti cerita pertama, dia mencoba mencari tahu apa yang terjadi, dan ternyata pesawat yang pemuda dan sekelasnya tumpangi kecelakaan. Dia beranggapan bahwa dirinya masih hidup dan sehat, dan berharap semoga teman-temannya mati, namun dia baru tahu bahwa sebenarnya dia sudah mati juga dan menjadi hantu di hutan tersebut.


"Samudra" : Cerita ketiga  berjudul 1 Januari 2007, berkisah tentang seorang gadis kecil yang menemukan dirinya bisa bernapas di dalam laut. Dia sangat senang sekaligus bingung. Hingga dia sadari bahwa dia dan keluarganya menaiki sebuah pesawat dan pesawat itu jatuh kedasar laut. Dan karena hentakan, dia meninggal. Sempat shock saat mengetahui bahwa dirinya hantu, dia memutuskan untuk pergi ke permukaan laut dan ke suatu pulau untuk menolong orang tuanya dan penumpang lain yang terjebak di dalam pesawat yang tenggelam disaat persediaan oksigen semakin menipis!


And then :


Yup, pertama kali lihat cover nya jujur sama sekali ga tertarik ^_^.  Di cover depannya penempatan ketiga tokoh utama "Langit" , "Bumi", dan "Samudra" menurut saya kurang tepat, kenapa? karena kalau ingin dimasukkan ke  dalam kotak atau panel, maunya tokoh yang sebagai "Bumi" harusnya dimasukkan kedalam kotak juga jangan keluar sendiri atau menonjol, jadi kesannya terlihat aneh. Atau bisa juga kedua tokoh lainnya dibuat keluar dari kotak agar terlihat sama. 


Untuk background covernya saya suka apalagi yang bagian "Samudra" kesannya ceria, dan "Langit" kesannya tenang,  Sedangkan untuk back cover saya lebih suka. Karena pewarnaanya cocok, dan mungkin ini bisa dijadikan cover depan! hehe. Tapi ada yang kurang yaitu , bayangan tokohnya kurang jelas.


Saya tertarik beli karena melihat komentar-komentar pembaca komik ini di Facebook Page Koloni, dan ketika saya baca ternyata memang benar "don't judge the book from the cover" ! Lagi-lagi ada komik yang isinya sangat jauh beda dari covernya! 


Pertama dari segi gambarnya, cerita ini bergenre Shojo, maka dari itu cocok banyak menggunakan panel besar, ini memudahkan pembaca untuk masuk kedalam cerita. Penggambaran karakter dan raut wajah cukup baik, perbedaan itu sangat terlihat dari tokoh utama laki-lakinya yang cool dan gadis kecil yang periang. Untuk penggunaaan tonenya, sudah bagus terutama di cerita ketiga. Rambut panjang yang mengkilat, serta efek yang dramatis memperlihatkan ekspresi sang tokoh dalam menghadapi masalah.


Yang membuat gambarnya adalah Almie, dan dibantu tonenya Kai. Awal mula ragu beli komik ini karena yang (jujur saja) yang menggambarnya Almie, takut terulang lagi kejadian komik karyanya sebelumnya yang berjudul "Sweathearts" yang menurut saya sangat banyak kekurangan. Ternyata disini Almie sepertinya melakukan banyak perubahan dan terbukti gambarnya disini jauh lebih baik dari sebelumnya. Dan pembaca merasa tidak rugi membeli komik ini ^_^.


Sedangkan untuk cerita yang dibuat oleh Arm dikasih dua jempol deh! Jujur keren banget, kisah pertama sampai ketiga memiliki pesan moral masing-masing. Disini juga kita juga bisa mengetahui akhir dari rahasia misteri-misteri di masing-masing cerita. Alur cerita disusun rapi. Kita dapat mengetahui sifat dari si tokoh hanya dengan melihat kata-kata yang diucapkannya.


Untuk keseluruhan (tidak termasuk cover) saya memberingan rating 8.6/10 untuk komik ini. Bagaimanakah pendapat teman-teman ?

2 komentar:

  1. Hai! ^^/

    Terima kasih atas reviewnya untuk Langit, Bumi, Samudra. Juga kritik dan komentarnya. Akan jadi bahan perbaikan untuk cerita saya di masa depan. ^^ Maaf baru bisa komen sekarang, baru tahu ada yang review komik ini, hehehe. ^^a Sekali lagi terima kasih.

  1. sama-sama ^_^ Jangan lupa membuat karya yang selanjutnya ya! Harus lebih baik ya

Poskan Komentar

Teman-teman, komen ya! buat penambah semangat! Bagi yang tidak memiliki account, bisa menggunakan Anymous hehehe

Related Posts with Thumbnails